MITRA CSR

Konsep CSR

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, CSR, merupakan Tanggung Jawab Sosial dari Perusahaan, kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia guna memajukan kehidupan masyarakat Indonesia yang lebih baik. Caranya melalui pemberdayaan masyarakat dan lingkungan agar lebih meningkat kesejahteraannya dan mandiri. Pelaksanaan CSR dilakukan melalui program CSR yang diselaraskan dengan kebutuhan komunitas / masyarakat di sekitar wilayah operasi masing-masing perusahaan. Dimana masyarakat lingkungan sebagai salah satu pemangku kepentingan (stakeholder) penting, yang turut berperan mendukung keberhasilan usaha perusahaan tersebut secara berkelanjutan.
Sebuah VISI CSR, dapat berupa "Menuju hidup yang sejahtera, bagi setiap insan masyarakat"
Adapun MISI CSR, Perusahaan melaksanakan secara konsisten dan bertanggung Jawab atas kesejahteraan sosial masyarakat dan peningkatan kondisi lingkungan yang lebih baik.

TUJUAN CSR
  • Secara nasional turut membantu memperbaiki Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia, dan pencapaian target pembangunan millenium atau Millenium Development Goals (MDGs).
  • Secara internal perusahaan, membangun hubungan harmonis dan kondusif dengan masyarakat stakeholder untuk mendukung tujuan perusahaan dalam membangun reputasi, yang berkaitan dengan:
  • Tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance)
  • Kepedulian terhadap pelanggan
  • Mengembangkan Sumber Daya Manusia
  • Mengembangkan lingkungan Green Environment
  • pengembangan komunitas dan lingkungan sosial.

KRITERIA CSR
Mengembangkan Program CSR ada kriterianya agar tercapai efektifitas pelaksanaan CSR tersebut yang mencakup kepentingan antara Negara, Komunitas/ Masyarakat dan Perusahaan:
  • Menentukan lokasi program sekitar operasi Perusahaan
  • Bersumber pada masalah wilayah setempat/ mengangkat Potensi/ Isue Lokal
  • Bermanfaat bagi komunitas/ masyarakat secara luas
  • Dapat dirasakan, dilihat, dinikmati, secara langsung dan berkelanjutan/ berkesinambungan
  • Mendukung langsung keberadaan Perusahaan di wilayah tersebut dari hulu hingga hilir
  • Dipromosikan agar warga masyarakat, stakeholder turut berpartisipasi aktif.

LINGKUP AKTIVITAS PROGRAM CSR
Ada Strategic Initiatives dalam menjalankan program CSR, yaitu bidang:
  • Program Pendidikan
  • Program Ekonomi
  • Program Kesehatan
  • Program Lingkungan Hidup
  • Program Infrastuktur/ Environment
  • Program Bantuan bencana/ Manajemen penanggulangan bencana

PRINSIP KERJA PROGRAM CSR
Untuk mencapai efektifitas pelaksanaan CRS haruslah: Ada kegiatan nyata, Melibatkan komponen masyarakat, Transparan, Akuntability, Dapat di pertanggung jawabkan, Interpendensi dan Kesetaraan.

JUDUL PROGRAM CSR
Setiap tahun Judul sebuah Program CSR Perusahaan dapat berganti, sesuai makna / tema khusus yang ingin di laksanakan, misalnya: “Cinta Pendidikan Indonesia”, atau “Satukan Indonesia” atau “Cinta Negeri KU” “Peduli Pendidikan”.


KONSEP PROGRAM CSR LPTTI
LPTTI, tidak sekedar memberikan ikan kepada masyarakat yang ingin dibantu. Tetapi LPTTI memberikan kail/ pancingan, lengkap dengan jaring dan umpannya, serta mengajarkan teknik memancing ikan (skill) yang baik (tips & tricks), bagaimana mengolah ikan (management) hingga siap dipasarkan (marketing), bagaimana membeli, menjual, menghitung keuntungan (BEP), mengembangkan usaha (enterpreneur) serta melakukan pendampingan (mental motivation, ESQ), sehingga masyarakat yang dibantu bisa mandiri berkesinambungan (sustainablel). Al hasil perubahan masyarakat, terlihat secara nyata, karena dirasakan langsung oleh masyarakat peserta program yang membawa dampak dari perubahan mind set mereka, untuk mau mandiri, secara ekonomi.

JENIS PELATIHAN LPTTI PROGRAM ICT
Program yang trend (gaul), up to date, Praktis, Singkat, Mudah, Murah, Modal investasi terjangkau, BEP singkat, ICT, Information Communications Technology base, long lasting:
  • Teknik Servis Ponsel, kiat buka konter selular
  • Desain Grafis, Digital Printing, kiat buka kios digital printing/ percetakan digital
  • Teknik Perakit Komputer + LAN, kiat buka warnet / Game online / rental komputer
  • Teknik Camera Video Editing, kiat buka studio Video Shooting
  • Teknik Desain Website, kiat buka jasa buat website/ web master
  • Teknik CCTV, kiat jasa pemasangan CCTV installer
  • Teknik Gambar Arsitek & Estimator, kiat buka studio gambar
  • Teknik Tanaman Sayur Organik, kiat jadi petani kota.


TUMBUHKAN USAHA KECIL MANDIRI (UKM)
LPTTI turut serta bersama, mengajak masyarakat untuk berkegiatan, menumbuhkan ekonomi agar terciptanya pemerataan pembangunan, melalui perluasan lapangan kerja, menciptakan usaha, memulai dari potensi usaha kecil dan koperasi agar menjadi tangguh dan mandiri. Karena, usaha kecil dan menengah terbukti telah dapat menopang ekonomi masyarakat dan nasional. Dari seribu peserta training di LPTTI sekitar 60% – 70% mereka membuka usaha.

NILAI CSR DI INDONESIA
Berdasarkan pengamatan Sholehudin A. Aziz dari berbagai sumber, diperoleh data bahwa tak kurang dari 30-40% atau 6-9 juta perusahaan di Indonesia dari sekitar 22,7 juta perusahaan yang beroperasi, telah menjalankan program CSR. Dana CSR di Indonesia mencapai Rp 1-2 triliun lebih yang tercatat dari 200 perusahaan. Bisa diprediksi, betapa besar dana CSR jika dikalkulasi dengan asumsi 50% perusahaan di Indonesia menerapkan konsep CSR. Perusahaan yang menerapkan CSR di lingkungan masing-masing didorong oleh cepatnya arus globalisasi dan liberalisasi di berbagai sektor. Ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah sektor usaha yang beroperasi. Melalui CSR, perusahaan harus mengintegrasikan kepentingan ekonomi, sosial, pendidikan dan lingkungan, dari kegiatan perusahaan, sementara pada saat yang sama mengatasi dan menyeimbangkan harapan semua stakeholder. Di Indonesia, khususnya dengan berlakunya UU Perseroan Perseroan Terbatas, Pasal 74 UU No.40/2007, CSR tidak lagi soal pilihan sukarela, tetapi merupakan kewajiban resmi dari perusahaan besar yang bergerak di sumber daya alam yang beroperasi di Indonesia.

LAYANAN CSR LPTTI
Jasa CSR dari LPTTI bertujuan memberikan layanan dan nasihat profesional bagi perusahaan dalam menyusun program CSR yang berkesinambungan.
  • CSR manajemen audit, menilai efektifitas dan efisiensi dari strategi program CSR perusahaan, rencana, program, kebijakan & prosedur, kelayakan & kesenjangan dengan strategi perusahaan, persepsi pemangku kepentingan Stakeholder dan kepuasan masyarakat langsung
  • Menetapkan tujuan CSR terkait.
    - Sesuai dengan strategi perusahaan secara keseluruhan
          - SMART, Spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan dan terikat waktu
  • CSR yang tepat strategi, rencana, program dan kebijakan & prosedur
          - Sesuai dengan situasi keseluruhan
          - Tercapainya tujuan CSR
  • Koordinasi dan mengawasi pelaksanaan program CSR
  • Pelaporan CSR
  • CSR program pelatihan terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar